Selasa, 26 Januari 2021

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5 CUACA MUSIM DAN IKLIM

 Assalamualaikum anak-anak yang sholih dan sholihah ..  Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa.. Hari ini kita akan mulai belajar  Tema 5.  Ibu berharap kalian belajar  dengan penuh semangat  yaa! Kalian bisa bertanya pada orang tua atau  keluarga di rumah jika ada hal yang kurang di pahami. Jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.! 

Ayo Mencoba
Bermain Papan Informasi
Udin dan teman-teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba. Mereka saling bertukar informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Udin mengajak teman-teman di kelas bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok. Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok menyampaikan informasi yang diperolehnya di depan kelas. Ajaklah teman-temanmu untuk bermain seperti mereka. Informasi apa saja yang bisa dituliskan di papan tersebut? Kumpulkan informasi yang akan ditulis di papan.

Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada

suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah.

Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan. Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan
musim hujan.

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun. Keadaan atmosfer yang diamati harian Indonesia terletak di garis khatulistiwa Meliputi wilayah yang amat luas. Keadaan cuaca yang diamati dalam 1 tahun
Indonesia memiliki 2 musim. Dapat berubah dalam waktu sehari bergantung pada kondisi geografis di bumi keadaan udara yang diamati dalam waktu yang sangat lama.

Ayo Bercerita
Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.Teman-teman, mari kita membersihkan kelas. Jika dilakukan bersama-sama, pekerjaan akan segera selesai. Betul, Siti, saya setuju. Saya mau menghapus papan tulis. Saya mau mengelap meja.
Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.

Bersatu dalam keberagaman dalam melakukan hal sangat penting dan bermanfaat. Contohnya adalah saat membersihkan ruang kelas. Ada yang menghapus papan tulis, ada yang menyapu laintai, dan ada yang mengelap meja.
Masing-masing mendapat bagian tugas tanpa membeda-bedakan. Dengan bersatu pekerjaan yang dilakukan menjadi cepat selesai. Selain itu dengan bersatu akan terjalin rasa saling menyayangi sesama teman.


Ayo Mengamati
Berkarya dengan Kertas Bekas
Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat bersih. Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain terbuang percuma.
Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat potongan kertas untuk belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama. Inilah contoh alat peraga Siti dari barang bekas.

Masih ingatkah kamu dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama? Kamu dapat membuat alat peraga untuk membantu belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.

Ayo Berlatih
Kerjakanlah soal latihan berikut tentang pengurangan pecahan berpenyebut sama. Tuliskan lambang bilangan pecahan lengkap dengan gambarnya.

4. Kerjakan soal berikut tanpa disertai gambar.

a. =

3

-

2

=

1

7

7

7

 

b. =

5

-

3

=

2

6

6

6

 

c. =

4

-

1

=

3

5

5

5

Nah itulah materi Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5

Semoga bermanfaat 😍😍😍

Jangan Lupa !πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

TUGAS !!!

Kerjakan LKS Latihan Pembelajaran 5 Halaman 90 - 91 Selamat mengerjaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar