Assalamualaikum anak-anak yang sholih dan sholihah .. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa.. Hari ini kita akan mulai belajar Tema 5. Ibu berharap kalian belajar dengan penuh semangat yaa! Kalian bisa bertanya pada orang tua atau keluarga di rumah jika ada hal yang kurang di pahami. Jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.!
Ayo Mencoba
Bermain Papan Informasi
Udin dan teman-teman berkumpul di dalam kelas
saat istirahat tiba. Mereka saling bertukar informasi tentang cuaca, musim, dan
iklim. Udin mengajak teman-teman di kelas
bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok. Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas.
Lalu, setiap kelompok menyampaikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.
Ajaklah teman-temanmu untuk bermain seperti
mereka. Informasi apa saja yang bisa dituliskan di papan tersebut? Kumpulkan
informasi yang akan ditulis di papan.
Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Cuaca
diamati pada
suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat.
Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada
hari yang sama, cuaca bisa berubah.
Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di
waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering
terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan. Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada
cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan.
Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan
musim hujan.
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang
panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun. Keadaan atmosfer yang diamati harian Indonesia terletak di garis khatulistiwa Meliputi wilayah yang amat luas. Keadaan
cuaca yang diamati dalam 1 tahun
Indonesia memiliki 2 musim. Dapat berubah dalam
waktu sehari bergantung pada kondisi geografis di bumi keadaan udara yang diamati dalam waktu yang sangat
lama.
Ayo Bercerita
Usai bermain, waktu istirahat pun selesai.
Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan di lantai kelas. Siti
mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.Teman-teman, mari kita
membersihkan kelas. Jika dilakukan bersama-sama, pekerjaan akan segera selesai.
Betul, Siti, saya setuju. Saya mau menghapus
papan tulis. Saya mau mengelap meja.
Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas.
Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.
Bersatu dalam keberagaman dalam melakukan
hal sangat penting dan bermanfaat. Contohnya adalah saat membersihkan ruang
kelas. Ada yang menghapus papan tulis, ada yang menyapu laintai, dan ada yang
mengelap meja.
Masing-masing mendapat bagian tugas tanpa membeda-bedakan. Dengan bersatu
pekerjaan yang dilakukan menjadi cepat selesai. Selain itu dengan bersatu akan
terjalin rasa saling menyayangi sesama teman.
Ayo Mengamati
Berkarya dengan Kertas Bekas
Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat
bersih. Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain terbuang percuma.
Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat
potongan kertas untuk belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama. Inilah
contoh alat peraga Siti dari barang bekas.
Masih ingatkah kamu
dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama? Kamu dapat membuat alat peraga
untuk membantu belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Ayo Berlatih
Kerjakanlah soal latihan berikut tentang
pengurangan pecahan berpenyebut sama. Tuliskan lambang bilangan pecahan lengkap
dengan gambarnya.
4. Kerjakan soal
berikut tanpa disertai gambar.
a. = |
3 |
- |
2 |
= |
1 |
7 |
7 |
7 |
b. = |
5 |
- |
3 |
= |
2 |
6 |
6 |
6 |
c. = |
4 |
- |
1 |
= |
3 |
5 |
5 |
5 |
Nah itulah materi Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5
Semoga bermanfaat πππ
Jangan Lupa !πππ
TUGAS !!!
Kerjakan LKS Latihan Pembelajaran 5 Halaman 90 - 91 Selamat mengerjaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar